Hati-hati dengan LinkedInmu



Sebagai anak yang kekinian tapi menjunjung tinggi profesionalitas, pasti dong punya LinkedIn. Jejaring sosial yang satu ini memang dikhususkan untuk networking secara profesional di dunia maya. Terlebih kalau kamu kerjanya di perusahaan2 besar di bidang teknologi, punya LinkedIn mah wajib banget dimiliki, bahkan sampai2 dibikinin sama HRD nya seperti di kantor saya dulu.

Hati-hati jika bermain dengan LinkedIn! Itu saran saya, jika kamu newbie atau baru mau akan bikin akun ini. Terlebih jika kamu freshgraduate. Berikut beberapa alasannya:
  1. User LinkedIn itu profesional, tapi sensitif, dan banyak yang haters. Kalau kamu ngira Path adalah yang sensitif, kamu pasti belum pakai LinkedIn. Di path, teman-teman yang udah mapan dan kaya sesumbar pasti sering-sering update status disini. Terlebih beberapa teman atau koneksi kamu yang udah manajer tinggi. Dia bakal sering update status "now hiring: like to get some job opportunities" atau apa lah. Nah pastinya kamu bete kalau lihat hal-hal kayak gini, dan secara nggak langsung, kita bakal jadi haters buat si sesumbar itu. Dibilang sensitif karena, kalau user udah ngelike dan nggak ada tanggapan, bakalannya, nanti akan update-update status galau atau nge-like artikel-artikel yang nyindir-nyindir nyinyir.
  2. Namanya juga akun profesional, yang namanya freshgraduate bakal jadi sampah aja bagi user linkedin lainnya. Kenapa nyampah? Karena ya akhirnya kamu pakai linkedin buat nge-like nge-like status orang aja. Mau update status kan juga nggak pede tuh. Apalagi mau sesumbar update job position kamu. Yang ada bakal jadi di hater-in banyak orang. Kecuali teman-teman linkedin kamu isinya teman-teman kuliah. Eh tapi mending banget di Path atau FB aja kan ya buat share teman-teman kuliah.
  3. Hati2 banyak yang kepo maksimal. Nah biasanya, recruiters newbie sering banget kepo-kepo via linkedin, tapi cuma php aja. Ada juga yang kepo karena kepencet pakai mobileApps. Dan berbagai kepo lainnya. Yang pasti jadi nggak privasi kan.
Nah kalau gitu, gimana dong? Bikin LinkedIn itu asik-asik aja sih. Tips kalau mau main LinkedIn, dari saya:

  1. Bikin kalau bener-bener butuh aja, bukan karena alasan kekinian. Jadi pastiin kalau kamu bikin karena butuh aja, misal buat cari client (kalau yang kerja). Jangan juga bikin untuk update status galau atau status nganggur. Berabe banget tuh kalau kamu update status nganggur karena bakal tambah banyak yang nge-haters karena kamu nggak menguntungkan.
  2. Pilih-pilih teman itu penting. Jangan sembarang nge-add, apalagi employers yang PHP. Mending add aja teman-teman kuliah atau teman terdekat. Pengalaman banget nih, saya nge-add hampir semua teman di industri IT (CEO mostly), dan rasanya kalau saya ngelamar kerja di perusahaan mereka bakal ke kick pertama karena udah jadi friend di Linkedin. Jangan lupa untuk mengunci akses untuk 3rd friends biar gak banyak yang kepo.
  3. Jangan instal mobileappsnya karena kalau salah klik jadi berabe. Nah pas lagi kepo, tetiba kamu klik visit dan kena deh! Nyampah banget kan
Gimana tanggapanmu mengenai Linkedin? Udah punya kah?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

6 Dokumen yang Harusnya Gak Perlu Pas Ngelamar Kerja.

Gambaran Umum tentang "Career Path" si Kutu Loncat

Mengapa Biaya Makan di Tiap Kota Beda-beda?