Website Review - My Telkomsel Versi Baru Tapi Biasa Aja

Karena saya pengguna setia Telkomsel, saya sering mengeksplor produk-produk Telkomsel, khususnya websitenya. Yah, untuk website nya pastilah tampilannya kalah sama website-website newsfeed seperti detik.com atau bahkan malesbanget.com (lagi favorit banget buka ini), ataupun situs-situs e-commerce lainnya. Tapi so far menarik juga sih, iseng-iseng dapat situs website buat mengelola akun Telkomsel dalam satu layar. Untuk testingnya, saya melakukan pada Januari 2016, kali-kali aja besok udah diupdate sama si Telkomselnya.

Tampilan depan My.Telkomsel (kudu pake https://)

Nah untuk website ini itungannya baru sih. MyTelkomsel. Ya memang kebanyakan untuk tiap provider sama, pasti punya website My<nama provider>dot com. Tapi bedanya untuk webnya Telkomsel, nggak bisa langsung pakai my.telkomsel.com, alias kamu harus buka telkomsel.com nya dulu sebelum masuk. Ribet sih menurut saya. Demikian juga kalau searching di google, situs ini nggak ada di google page 1 maupun 2.

Masuk ke halaman utama sebelum login, disini cukup unik. Berbeda dengan e-commerce kebanyakan yang pakai email, default login nya pakai nomor handphone telkomsel dan PIN dari telkomsel (alias kamu gak bisa bikin pin sendiri). Untuk daftar nya, cukup simpel sih, cuma memasukkan tanggal lahir aja. Nah, permasalahannya, kalau nomor kamu belum terdaftar atau nggak sama tanggal lahir dengan nomor yang tertera, pasti nggak bisa dong login. Ada juga masalah disini yaitu, nggak ada tombol lupa PIN dan PIN nya didapatkan dari SMS dari telkomsel. Yah, ditempel di laptop aja kali ya PIN nya biar gak ribet nyari di SMS.

Halaman depan habis login biasa aja

Setelah berhasil masuk, tampilan depannya menarik sih. Langsung keluar informasi yang kita butuhkan. Memang yang ditampilkan hanya informasi basic, seperti pulsa/pemakaian, paket yg berjalan, dan sisa kuota. Kalau ada info lain seperti promo telkomsel, atau info terkini dari produk telkomsel mungkin lebih menarik ya. Soalnya, kalau cuma info aja, kurang ramai, dan habis itu nggak tau mau ngapain di websitenya.

Saya mencoba explore menu-menu di dalamnya, memang biasa aja sih, kurang ada yang wow yang perlu dicoba. Mau chatting atau isi hubungi kami, tapi enggak ada keperluan, rasanya aneh dan bingung mau apa. Terus saya coba klik-klik aktivasi paket, dan ternyata langsung dong ganti paketnya. Saat itu sisa paket data 1GB, terus ke klik paket harian. Hilang deh paket datanya. :( Saya juga mencoba lihat POIN di tukar POIN. Tapi disini keluar dari halaman utama, dan jadi malas karena tampilannya kurang rapih, nggak seperti e-commerce kebanyakan. Demikian juga kalau beli pulsa musti pakai kartu kredit, dan saya langsung back dong.

Langsung back gak pake mikir (gak mungkin beli soalnya)

Well, mengenai website ini saya rasa cukup baik, kalau cuma cari info. Eh tapi kalau cuma informasi yang didapat hanya paket/kuota/pulsa, bukannya bisa dari *888# aja yah yang lebih simple dan gak pakai buka laptop. Semoga besok banyak perbaikan deh.

Postingan populer dari blog ini

6 Dokumen yang Harusnya Gak Perlu Pas Ngelamar Kerja.

Gambaran Umum tentang "Career Path" si Kutu Loncat

Mengapa Biaya Makan di Tiap Kota Beda-beda?