Apa Rencanamu?



Sebenarnya males banget kalau ditanya apa rencana saya? Semenjak beberapa bulan selo nganggur dan kebanyakan nonton Jane Bingum di Drop Dead Diva (I watched it 6 season in 3 week), saya jadi kepikiran untuk ikutan juga bikin planning (especially future home planning). Well, thanks mbak Heyo telah menginspirasi saya.

Start from aspiring corporate employee, that was me at 26th. Now I am 28, dan saya belum punya apa-apa (self employed nor unemployed). So, I put myself to make a future plan.

Setahun kedepan - 2018.
Dalam satu tahun kedepan, jelas saya ingin memperbaiki cashflow saya, dan at least reaching double digit savings. Nah, kalau pengen double digit saving, at least aku harus saving 2 juta per bulan (It should be 2x12 = IDR 24juta), dan possible income should be IDR 5juta (karena living cost at least 3juta).

Jadi kebayang kan kriteria kerjaan yang diinginkan aku. Kalau aku sih simple, at least bisa bayar kartu kredit, ada ID Card, ruangan yang separated.

Moving out - 2019
Nah ini yang aku sering nggak bisa move on. Karena aku masih tinggal di kontrakan teman dulu saat S1. At least, di 2019 saya akan mencobanya. Big problem is that will cost much, and I plan to find someone to share the house, a house mate.

When I will get married? - 2021
Mungkin saya akan menikah di tahun 2021, that will be at 31. Tapi saya nggak kepikiran sih untuk nikah juga sih. Mungkin love couple aja kali ya,, biaya nikah mahal cuy. At least IDR 50jt for fun and no split bill.

As if normal plan, a years of the saving from works should be IDR 24 juta, and make it double for two years shoud be IDR 48juta. And as if I invest the 1st year of saving into online lending I will get additional IDR 2 juta. Great deals!

Career Move - 2023
Supposed that 2018 I am a new entrance, the following years probably going to senior officers. Berarti at least 2022/2023 mungkin baru jadi manajer. But that at corporate ya, soalnya kalau di startap paling tahun 2019 udah jadi manajer. To me, never been late to start a move.

Kalaupun jadi dosen, karena aku nggak tahu jenjang jadi dosen, jadi skip lah.

Kids - 2023/2024
Ya, I plan to not having a baby sebelum 32. Karena sebelumnya kayaknya impossible to achieve a lot of things, despite of I am late in doing career. 

Well, afterwards, aku nggak ada plan lain sih. And obviously aku nggak akan pensiun di umur 60. Why? Because I wont stop to pursue my moves to get productive. 

Ya, aku rasa aku telat untuk 30 best under 30 yang dulu aku pernah pengen banget ikut dengan startap aku, atau kerja di konsultan kayak McKinsey, Accenture, dll. But, It doesnt mean that I am late for having a better well-planed life.

The point is, life is a long journey, and its about our lives, not our parents life or somebody life.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

6 Dokumen yang Harusnya Gak Perlu Pas Ngelamar Kerja.

Gambaran Umum tentang "Career Path" si Kutu Loncat

Mengapa Biaya Makan di Tiap Kota Beda-beda?