Tren Fashion Masa Depan: "LED Clothes"

Industri fashion akan selalu berubah seiring dengan perkembangan jaman. Demikian pula tren fashion yang akan diusung, akan selalu berputar seperti roda, dimana nantinya akan kembali pada tren jaman dahulu. Beberapa pengamat fashion memprediksikan di era mendatang akan ada pakaian LED, dimana para pemakainya dapat mengganti warna baju atau gaun yang mereka kenakan, sesuai dengan yang mereka inginkan.

Dikutip dari Kabar24 (2012), Newswire, sebuah rumah mode baru-baru ini meluncurkan rancangan gaun yang berhiaskan lampu LED. Rumah mode CuteCircuit merilis koleksi ready-to-wear keduanya yang ditempelkan beberapa lampu LED, hingga dapat menyala di kegelapan. Gaun tersebut dapat diisi ulang menggunakan USB bahkan pemakainya bisa memilih warna serta corak yang diinginkan dengan menggunakan lampu. Merek busana asal Inggris itu memang terkenal dengan slogannya “future fashion now”, maka tak heran bila mereka merancang desain busana yang digabungkan dengan unsur teknologi terkini. Duo desainer Francesca Rosella dan Ryan Genz mendirikan perusahaan ini pada 2004. Mereka juga telah membuat sejumlah busana couture yang dibuat khusus untuk Katy Perry, penyanyi yang memang dikenal suka memakai busana unik.


Pada 2010, rumah mode ini juga pernah membuat “gaun telepon” lengkap dengan kartu SIM dan antena yang dijahit pada bahan kain. Bulan lalu, mereka meluncurkan gaun haute couture yang terbuat dari kristal Swarovski dan 10.000 lampu LED yang memancarkan warna seperti aurora. Lampu LED dipilih karena menggunakan energi lebih sedikit dan dapat bertahan lebih lama dibandingkan lampu biasa. Jenis lampu ini diharapkan bisa mengambil 60% dari pangsa pasar global. CuteCircuit saat ini tengah membicarakan untuk memasarkan koleksi busana mereka di beberapa perusahaan ritel yang senang dengan koleksi fashion yang unik.

Tidak hanya gaun, beberapa toko online seperti Led Clothing Co, Ltd, juga telah meluncurkan berbagai produk seperti jaket, kaos, celana, dan pakaian dalam dengan lampu LED. Beberapa kostum diantaranya telah digunakan dalam industri perfilman, seperti TRON Legacy. Anda dapat membelinya seharga USD 900 hingga USD 30.000 untuk gaun, dan USD 1.000 – USD 35.000 untuk jaket.

Kedepannya, pakaian LED ini tidak hanya dapat berganti warna sesuai dengan yang kita inginkan, namun juga disesuaikan dengan emosi penggunanya, full video LED dress, bahkan cuaca yang mengharuskan berganti pakaian seperti illuminating.

Sebenarnya konsep pakaian ini unik sekali mengingat tren sekarang yang mengharuskan serba cepat, jadi ketika seseorang ingin bertemu dengan orang A memakai baju hijau, kemudian ingin bertemu orang B dengan baju merah, ini akan menjadi sangat menarik. Terlebih bagi Anda yang sosialita, pastinya tidak akan berpikir dua kali untuk membelinya. Namun bagaimana dengan isu seperti kesetrum atau radiasi yang dihasilkan jika memakai baju ini terlalu lama. Mungkin masalah ini akan dapat diatasi dalam waktu beberapa tahun kedepan. Kalau saya sih lebih memilih memakai baju stabilo elektrik dengan berbagai warna saja, daripada menggunakan baju berlampu. Bagaimana dengan Anda?

Postingan populer dari blog ini

6 Dokumen yang Harusnya Gak Perlu Pas Ngelamar Kerja.

Gambaran Umum tentang "Career Path" si Kutu Loncat

Mengapa Biaya Makan di Tiap Kota Beda-beda?